Welcome To My Blog...

Senin, 09 Juli 2012

Aneh,Orangutan Kecanduan Merokok dan Bikin Pusing Kebun Binatang Solo

Tori mulai merokok 10 tahun lalu karena meniru kebiasaan pengunjung yang membuang puntung rokok mereka ke dalam kandangnya.
Kebiasaan merokok di Indonesia kembali menjadi sorotan dunia internasional, apalagi kali ini menimpa selain manusia. Seekor orangutan bernama Tori menjadi pembicaraan karena sudah 10 tahun merokok. Hobinya itu pun membuat pusing petugas kebun binatang di Jurug, Solo.
Quote:

[imagetag]
Awalnya orangutan betina itu merokok karena meniru kebiasaan pengunjung yang membuang puntung rokok mereka ke dalam kandangnya. Sejak itu Tori akan mengangkat dua jari ke mulutnya jika ingin merokok. Namun jika tidak ada rokok yang diberikan, ia akan marah dan melempar benda di dekatnya.

Akhirnya penjaga kebun binatang memindahkan Tori di luar jangkauan pengunjung untuk mengurangi intensitasnya merokok. Kini dengan bantuan Centre for Orangutan Protection (COP) mereka berencana memindahkan Tori dan pasangannya ke sebuah pulau kecil di danau kebun binatang pada Agustus. Sambil menunggu pemindahan, COP menjaga kandang dan akan memasang jaring-jaring untuk mencegah pengunjung melempar puntung rokok.

Kebiasaan primata berusia 15 tahun itu semakin parah karena orang-orang akan sengaja melempar rokok kepadanya untuk menontonnya merokok. Sejauh ini, mitra Tori yang bernama Didik memiliki kebiasaan menyingkirkan puntung rokok di kandang mereka. Namun Didik dikhawatirkan segera menyerah melakukan hobi itu mengingat banyak pengunjung yang tetap membandel.
Quote:

"Orang-orang yang membuang rokok dan makanan ke hewan sangat umum terjadi di Indonesia, meski sudah dilarang," keluh Hardi Baktiantoro dari COP. "Orangtua Tori dan masih banyak lagi orangutan dari kebun binatang Indonesia yang dianggap telah kecanduan merokok."
Quote:

Sumber

Tidak ada komentar: