Welcome To My Blog...

Sabtu, 07 Juli 2012

alasan Kenapa Keyboard hurufnya tak urut

Pernahkah kita berpikir, mengapa semua mesin ketik & keyboard komputer di dunia ini menggunakan huruf QWERTYUIOP?

[imagetag]

Mengapa tidak menggunakan ABCDEFGHIJ? Yang tersusun rapi sesuai abjad sehingga kita tidak perlu mengingat tuts keyboard dengan susunan huruf yg acak dan aneh, yang kita kenal hingga saat ini dengan QWERTY?
Mesin ketik pertama diciptakan dan dipatenkan oleh seorang Amerika, yaitu Christopher Latham Stoles, seorang editor koran yg bekerja di Milwaukee pada thn 1868. Mesin ketik pertama rancangannya sudah mirip seperti skarang, memiliki mekanisme penggulung kertas untuk ganti baris dan bergeser otomatis ketika kita mengetik, dan tentu tidak ketinggalan, tuts keyboard nya. Rancangan pertamanya ini, sesuai dengan pikiran kita semua menggunakan layout keyboard ABCD.

Ternyata layout keyboard sesuai abjad ini menimbulkan masalah, yaitu sering tersangkutnya tuts mesin ketik ketika dipakai mengetik dengan cepat. Kurang lebih 6 tahun Sholes berusaha merevisi susunan huruf pada keyboard untuk meningkatkan efisiensi dalam mengetik dan juga meminimalisir masalah tersangkutnya tuts jika dipakai mengetik cepat.

Bersama donaturnya, James Densmore dan juga Amos Densmore, maka disusunlah suatu susunan huruf keyboard dan mendekati susunan keyboard QWERTY, dengan beberapa revisi terus menerus yg sebenarnya hanya merupakan upaya untuk mereduksi masalah tuts tersangkut.

Hal yang menarik adalah revisi dari huruf R, pada proses penyempurnaan tuts ini, huruf R sempat diletakkan di baris ketiga, kemudian direvisi. Tujuannya adalah mempesona konsumen dalam upaya menjual mesin ketiknya, karena sadar atau tidak, kita bisa mengetik kata "TYPEWRITER" hanya dengan BARIS PERTAMA TUTS KEYBOARD saja !!

Inilah susunan keyboard yg resmi dirilis untuk mesin tiks komersial pertama: .







>>>>> Sumber

Tidak ada komentar: