Welcome To My Blog...

Selasa, 30 Oktober 2012

Bahan Makanan Teraneh Di Dunia

1. Emas

[imagetag]

Emas adalah logam mulia yang paling indah didunia. Selain sebagai bahan perhiasan yang sangat dicintai wanita, bahan emasjuga dipergunakan pada bagian tertentu dari elemen untuk elektronika. Tapitahukan Anda kalau emas juga menjadi bahan penghias untuk makanan dan minumandengan kode E Nomor E175.

Emas sangat populer sebagai bahan tambahanpada minuman beralkohol seperti pada liqueur tradisional dari Jerman danPolandia yang disebut Goldwasser (Goldwater) yang berisi ribuan lapisan emaskecil. Emas tidak bereaksi dalam kimia tubuh, dengan demikian emas hanya lewatdan tidak berpengaruh pada tubuh serta tidak memiliki nilai nutrisi.

2. Virus

[imagetag]

Pada bulan Agustus 2006, Administrasi Makanandan Obat AS (FDA=Food and Drug Administration) menyetujui pemakaianbakteriofag-bakteriofag di dalam penyajian makanan (secara khusus pada produkdaging siap saji). Suatu bakteriofag adalah sejenis virus yang menginfeksibakteri. Dasar pemikiran dari penggunaan virus ini pada makanan karenakegunaannya untuk memakan setiap bakteri yang akan menyebabkan keracunanmakanan.

Setiap tahun 2.500 orang di AS sakitdisebabkan listeriosis dan akibatnya, berjuta-juta Orang Amerika sekarangsecara teratur memakan makanan yang ditambahkan virus-virus secara sengajauntuk menghentikan perkembangan bakteri yang menyebabkan ribuan orang jatuhsakit. FDA berkata bahwa makanan yang dimasukkan virus ini tidak memerlukanlabel. Dan dengan sungguh menakutkan, mereka berkata: "Sepanjang sesuai denganperaturan yang ada, kita menyimpulkan bahwa penggunaan virus-virus ini aman."

3. Boraks

[imagetag]

Boraks (Borax) adalah bahan untuk memadamkanapi, obat pembasmi serangga, perawatan untuk rambut kuda, campuran kaca danbahan deterjen, dan berbagai produk lainnya. Di Amerika Serikat bahan inidilarang digunakan sebagai pencampur makanan, tetapi tidak demikian di beberapanegara-negara lainnya.

Boraks sering digunakan sebagai bahan pengawetdi dalam caviar (telur ikan), dan di beberapa negara Asia dapat ditemukan didalam mi, daging bakso, dan nasi. Boraks yang diberi kode E Nomor E285mempunyai efek keracunan yang serius pada manusia (terutama pada bagiantestes).

4. Aspal Cair

[imagetag]

Dulu, bunga amaranth digunakan sebagai pewarnamakanan (dengan warna merah yang spesifik), namun tes ilmiah telah menemukanbahwa bahan ini bisa memicu kanker. Kemudian diusulkan bahan penggantinya yangdisebut Allura Red AC (bernomor E Nomor E129). Allura Red AC dibuat dari aspalcair (cairan yang merupakan hasil sampingan dari penyulingan batubara menjadigas batu bara atau coke).

Aspal cair mudah terbakar dan sering digunakandi dalam sampo yang dirancang untuk membunuh kutu kepala. Bahan ini jugadigunakan untuk membuat tylenol. Memang Allura Red AC tidak menyebankan kanker,tapi dapat menyebabkan mual dan efek samping lain. Meskipun demikian, bahan inisudah disetujui oleh FDA dan sangat umum ditemukan di dalam kembang gula dansoft drinks.

5. Pernis

[imagetag]

Bahan ini biasanya digunakan sebagai bahanpengkilap perabotan dari kayu. Bahan ini disebut juga lak (shellack) dandigunakan di dalam produksi kembang gula untuk memberikan kesan kilauan yangmanis.

Makanan yang dipastikan menggunakan bahan iniadalah kembang gula Chacha dari Delfi (permen coklat warna-warni) yang padakomposisinya disebutkan Tartrazin Lake Cl.19140, Merah Alura Lake Cl.16035,Kuning FCF Lake Cl.15985, Biru Berlian Lake Cl.42090. Selain itu sejenis lakalami juga dihasilkan oleh sekresi pada kumbang betina di mana bahan lak inidigunakannya untuk membuat kepompong larvanya.

6. Kutu Busuk

[imagetag]

Warna cochineal dan carmine adalah dua pewarnamerah untuk makanan yang berasal dari kutu busuk, tepatnya cochineal bug(sejenis kutu busuk yang hidup di AS family Dactylopiidae). Zat pewarna merahmasakan dihasilkan dengan pengeringan dan melumatkan keseluruhan tubuh darikutu busuk, sementara itu warna carmine (merah tua) adalah bentuk lain daribedak cochineal.

Kutu busuk itu biasanya dibunuh denganmembenamkan mereka di dalam air mendidih setelah beberapa lama terlarut didalam air sampai tingkat warna merah tertentu apakah itu seperti warna jinggamuda atau merah menyala. 155.000 kutu busuk diperlukan untuk membuat 1 kg bahantersebut. Cochineal sudah digunakan untuk ratusan tahun dan juga dipergunakansebagai bahan pewarna kain yang sangat populer.

7. Rokok

Sumber

#db4ef9

Tidak ada komentar: