Welcome To My Blog...

Rabu, 11 April 2012

Menakjubkan ! Air Laut yang Menyala Seperti Neon


Butiran cahaya ini tampak seperti bentuk kehidupan alien yang terdampar di pesisir pantai. Namun, neon biru ini sebenarnya fenonema alam. Ingin tahu?

Gambar menakjubkan ini diambil fotografer Doug Perrine saat ia mengunjungi salah satu pulau di Raa Atoll di Maldives, Vaadhoo. Fenomena ini merupakan rekasi kimia alam yang disebut ‘bioluminescence’.



Reaksi kimia ini terjadi saat mikro-organisme di air terganggu oksigen. Reaksi ini sendiri serupa ‘menyala’ pada kunang-kunang yang digunakan untuk menarik perhatian mangsa atau pasangan seperti dikutip DM.

Pemandangan langka ini umum terlihat saat kapal ‘mengaduk’ laut dengan oksigen. Banyak organisme bawah laut yang bisa ‘menyala,’ terutama makhluk yang hidup di kedalaman di mana cahaya kurang mampu menembus.



Natural phenomenon: Glowing blue water washes up on a beach in Vaadhoo, one of the Raa Atoll islands in the Maldives. The result of a chemical reaction called bioluminescence, it occurs when a micro-organism in sea water is disturbed by oxygen


Inspiration? The bioluminescence looks similar to the strange blue alien world of the 2009 blockbuster Avatar



sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1849688/pernah-lihat-air-laut-menyala-jadi-neon-listrik

Tidak ada komentar: